Senin, 18 November 2013

Martabak Sayur Veteran

Martabak Sayur Veteran

Jika Anda berada di Palembang saat malam dingin, perut lapar maka jangan lupakan kuliner satu ini. Martabak Sayur Veteran adalah jajanan khas Palembang yang dijamin tak kan mengecewakan lidah dan perut Anda.


     Berlokasi di dekat perempatan lampu merah veteran, ke arah Lapangan Hatta membuat saya menyebut kuliner ini sebagai "Martabak Veteran". Walaupun sudah sering makan disini, terus terang saya tak pernah mengetahui apa merek resmi penganan satu ini.Karena lokasinya yang nyempil di temapat tak resmi pinggir jalan dan hanya berjualan di malam hari, membuat tak ada plang nama permanen yang menunjukkan apa nama tempat makan ini. Yang jelas, bahan dan rasanya sangat berbeda dengan Martabak HAR yang lebih dikenal sebagai makanan legendaris di Palembang.
    Martabak yang ditawarkan terdiri dari beberapa pilihan. Martabak sayur, martabak telor, dan martabak spesial (yang ditambahi potongan daging). Pembeli bisa memilih apakah mau menikmati martabak  telor ayam atau bebek. Untuk martabak spesial -selain memang diberi irisan daging- ukurannya pun Jumbo, hampir dua kali ukuran martabak biasa yang ditawarkan.
     Martabak dinikmati dengan kuah kari encer (ini juga yang membedakannya dengan Martabak HAR yang kuahnya kental) dan cocolan cuka yang diberi irisan acar bawang dan potongan cabe rawit. Kuahnya yang agak encer dan berasa khas membuat martabak ini pas dinikmati di suasana malam yang dingin.

     Hampir tiap malam tempat ini semarak dengan kedatangan pembeli. Ada yang menikmati martabak panas-panas di tempat, ada pula jejeran mobil yang mengantri pesanan untuk dibawa pulang.
     Kami sekeluarga sangat menyukai jajan satu ini. Bahkan jika kesini, anak-anak biasanya minta khusus seporsi, kurang katanya kalau mesti berbagi :-).
     Penjual yang ramah dan layanan yang cepat membuat lokasi pinggir jalan yang tak nyaman menjadi tak penting lagi. Nikmatnya martabak veteran selalu mengundang kami untuk kembali. 


      
     * Gambar-gambar di artikel ini diunduh dari google
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar