Selasa, 10 Januari 2023

Tips Asyik Menyeberang di Pelabuhan Merak Bakauheni

 

      Saat ini, tiket fery penyeberangan Merak Bakauheni atau sebaliknya, tidak bisa lagi kita beli di pelabuhan. Tiket harus dibeli menggunakan aplikasi, ferizy.

      Kita Download aplikasi, lalu tinggal isi data- data yg dibutuhkan. Siapkan KTP atau KK, karena kita harus memasukkan data NIK. Oh ya, jika data kita sudah tersimpan di aplikasi ini, untuk pembelian tiket di kemudian hari, kita tak perlu lagi repot memasukkan data. 

     Untuk pembayaran gampang, kita bisa pilih pembayaran lewat Indomaret, Alfamart,transfer, dll.

     Jika masih bingung tentang cara pembelian tiket melalui aplikasi ini, ada konter konter yg disiapkan ASDP untuk membantu pembelian tiket resmi ferizy. Lokasinya di beberapa rest area TOL yang berdekatan dengan pelabuhan Merak maupun Bakauheni

     Tujuan penggunaan aplikasi pembelian tiket ini barangkali agar tak lagi ada antrian pembelian tiket di pelabuhan. Artinya, sekarang calon penumpang yg bisa masuk ke area pelabuhan hanya yg sudah memiliki tiket. Jadi kepadatan pelabuhan bisa berkurang.

     Di aplikasi tersebut kita bisa memilih waktu keberangkatan dan kita sudah bisa masuk ke pelabuhan 2 jam sebelum jadwal keberangkatan yg kita pilih.

     Ada dua pilihan jenis penyeberangan, eksekutif dan regular. Untuk eksekutif, harga tiket lebih tinggi. Namun setimpal dengan kondisi kapal yg lebih baik,ruang tunggu nyaman, dan waktu penyeberangan lebih cepat. Buat traveler yg lapar, ada KFC dan Broster Chicken disitu. Buat yg suka nasi padang, baiknya beli dulu sebelum masuk ke area pelabuhan. Di dekat situ ada rumah makan padang Simpang Raya. Oh ya, nanti di kapal eksekutif, Kita tak perlu lagi mengeluarkan biaya-biaya tambahan seperti biaya masuk ruang VIP/AC, sewa tikar/kasur dll seperti yg lazim berlaku di kapal kapal penyeberangan reguler. Harga tiket sudah all in. Buat yg berangkat rombongan, jadi lebih murah kan.

      Saat musim liburan, libur sekolah atau hari lebaran, antrian masuk mobil penumpang ke  kapal tetap tak terhindarkan. Kadang kita yang sudah memesan tiket eksekutif dengan harapan bisa sampai lebih cepat dan nyaman, setibanya  di pelabuhan malah harus antri berjam-jam untuk naik ke kapal.  Sedangkan kapal reguler tidak antri, lancar jaya. Antri tadi maksudnya buat mobil ya, kalau pejalan kaki bisa langsung naik kapal.

     Jadi ada baiknya di kondisi puncak liburan, sebelum membeli tiket, kita merapat dulu ke dekat pelabuhan untuk memantau kondisi. Jika di area pelabuhan eksekutif terlihat mobil-mobil antri panjang, lebih baik kita pesan penyeberangan reguler. Namun jika tidak antri, baru kita pesan penyeberangan eksekutif. 

     Karena jumlah kapal eksekutif terbatas, hanya penyeberangan reguler yg tersedia setiap jam. Untuk eksekutif hanya di jam jam tertentu. Jadi, jika kita tiba di pelabuhan saat jadwal penyeberangan eksekutif masih lama, kita pilih yg reguler saja. Agar lebih cepat.

     Agar tetap bisa nyaman dengan penyeberangan reguler, ada triknya juga. Tiket yg kita beli kan hanya tiket penyeberangan yang tidak menyebutkan nama kapal. Jadi setelah tiket kita beli lewat aplikasi dan kita pilih jam keberangkatan,kita keliling dulu di pelabuhan. Kita sempatkan untuk melihat-lihat dulu beberapa kapal yg sedang bersandar dan mengisi penumpang. Pilih kapal yg ukurannya besar dan kondisi bagus. Baru kita ikut di antrian untuk masuk ke kapal tersebut. 

     Semoga bermanfaat ya. Selamat berpetualang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar